Menghafal Quran dengan Menyenangkan

Rasullullah SAWW dalam salah satu hadis beliau bersabda, “Biarkanlah anak-anak kalian BERMAIN dalam 7 tahun pertama, kemudian DIDIK dan BIMBINGLAH mereka dalam 7 tahun kedua, sedangkan 7 tahun ketiga jadikanlah mereka senantiasa bersama kalian dalam MUSYAWARAH dan MENJALANKAN TUGAS.”
Dewasa ini, pakar pendidikan Barat juga ramai-ramai mengatakan bahwa metode pengajaran yang paling cocok untuk anak pra-sekolah adalah fun learning (belajar yang menyenangkan). Menurut psikolog Peter Kline, “Belajar akan efektif bila dilakukan dalam suasana yang menyenangkan.”

Padahal, Rasulullah sudah mengajarkan konsep ini sejak berabad-abad yang lalu. Bagaimana kita kaum muslimin hari ini? Apakah kita akan mematuhi nasehat Rasulullah agar menciptakan suasana belajar yang menyenangkan untuk anak? Atau malah membebani anak-anak dengan berbagai tuntutan?

Selain itu, menurut pakar pendidikan, salah cara paling efektif untuk menghafal sesuatu adalah melalui gerakan dan irama. Sebabnya adalah karena ketika kita menghafal sambil bergerak dan ada irama, kerja otak menjadi lebih ringan dan mampu menyerap/menyimpan informasi dalam jangka panjang.

Itulah sebabnya, di TK-Q Rumah Qurani kami mengajak anak-anak menghafal ayat-ayat Al Quran dengan gerakan tangan, gerakan aktivitas yang bersesuaian dengan ayat, serta mengenalkan irama bacaan Quran (qiroah) yang menyenangkan untuk anak-anak.

Harapan kami, melalui aktivitas menyenangkan, anak bisa menghafal ayat-ayat Quran dengan senang dan mereka pun cinta kepada Al Quran. Amiin…

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s